Jumat, 14 November 2008

Hanura Siap Umumkan Calon Presiden

Jakarta, Media Centre – Meskipun dukungan dari para kader Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) di seluruh wilayah Indonesia terus mengalir dan menghendaki Ketua Umum Hanura H. Wiranto, SH menjadi calon presiden pada pemilihan presiden (Pilpres) 2009, namun secara resmi Partai Hanura belum mengumumkan calon presiden yang diusungnya. Pengumuman calon presiden yang diusung Partai Hanura akan dilakukan pada saat rapat pimpinan nasional bulan Desember 2008. Hal tersebut disampaikan Sekjen Partai Hanura, Yus Usman Sumanegara di Jakarta, Selasa (11/11).
Menurut Yus Usman, calon presiden yang akan diusung Partai Hanura berasal dari kalangan internal partai. “Pengurus Daerah menginginkan Pak Wiranto sebagai calon presiden, tapi kita lihat saja nanti,” kata Yus Usman. Lebih lanjut dikatakan, penentuan calon presiden kemungkinan menunggu hasil pemilihan anggota legislatif. Sementara itu, untuk calon wakil presiden yang akan diusung belum dibicarakan di kalangan Hanura.
Sebelum menggelar rapat pimpinan nasional, Hanura akan mengadakan rapat koordinasi nasional yang dihadiri pimpinan partai di semua tingkatan. Pertemuan ini digelar di Jakarta pada tanggal 15-16 November 2008. Rapat koordinasi akan membicarakan persiapan partai menghadapi pemilihan anggota legislatif.
Yus Usman menambahkan, Hanura belum mendekati partai politik lain untuk berkoalisi, meskipun Hanura memastikan akan berkoalisi dengan partai lain. Menurut Yus Usman, Hanura terbuka untuk berkoalisi dengan partai baru maupun partai lama. Sementara itu, Ketua Umum Hanura H. Wiranto, SH menambahkan bahwa Partai Hanura siap berkoalisi dengan partai mana pun. Koalisi Hanura dengan partai lain didasarkan pada landasan yang sama. “Kami siap berkoalisi dengan partai mana pun asal memiliki platform yang sama,” kata Wiranto. Koalisi dibutuhkan untuk mewujudkan pemerintahan yang kuat dengan didasarkan pada semangat pengabdian.* (AJ)

Tidak ada komentar: